REAKTAN FU51 (Flaming Up of Chemistry 51)

MPD (Masa Pengenalan Departemen) adalah suatu kegiatan pengenalan departemen kepada adik-adik angkatan yang baru akan memasuki departemen. MPD kali ini untuk menyambut adik-adik kimia angkatan 51 yang dipanitiai oleh kimia angkatan 50. Tema MPD ini adalah REAKTAN FU51 (Rangkaian Penyambutan Kimiawan Flaming Up of Chemistry 51) dengn tema “Introduce Your Self, Show Your Solidarity, to be The Best Chemist”. MPD tahun ini diketuai oleh Kiki Bahtiar yang beranggotakan 8 divisi dan BPH.

Acara dimulai pada pukul 08.08 dan selesai pukul 15.15, yang dihadiri oleh 19 orang dosen, 18 orang tamu undangan, dan 95 peserta MPD. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Bagus dan Mery, yang dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Arif, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IPB. Setelah itu dilanjutkan oleh sambutan ketua pelaksana, Kiki Bahtiar, dan sambutan ketua Imasika, Mahwan Pebrian. Acara selanjunya dilanjutkan dengan sambutan, pembukaan acara MPD 51, dan selayang pandang Departemen Kimia oleh Kepala Departemen Kimia, Prof. Dr. Dra. Purwantiningsih Sugita, MS, dan dilanjutkan dengan pengenalan komisi pendidikan oleh Budi Arifin, S.Si, M.Si, dan pengenalan divisi penelitian oleh Dr. Henny Purwaningsih S, S.Si, M. Si.

Acara selanjutnya yaitu berbagai macam talkshaw. Talshaw pertama yaitu pengenalan 4 divisi di Kimia, yaitu divisi Organik oleh Prof. Ir. Suminar Setiati Achmadi, Ph.D, Anorganik oleh Sri Sugiarti, Ph.D, Analitik oleh Dr. Dra. Eti Rohaeti, MS. dan Fisik oleh Dr. Drs. Komar Sutriah, M. Si, talkshaw ini dipimpin oleh seorang moderator, yaitu Dery Ermawan Masyudi. Talkshaw kedua yaitu tentang kehidupan pasca kampus, yang diisi oleh alumni kimia sendiri, yaitu Bapak Mulyana, S.Si dan dimoderatori oleh M.Alif Hamimdal, S.Si. Beliau merupakan pengusaha olahan kurma. Banyak produk yang beliau buat dari bahan dasar kurma, seperti madu sari kurma, brownis kurma, dll..

Setelah talkshaw kedua tersebut, acara selanjutnya yaitu ishoma. Guardian memobilisasi peserta laki-laki menuju Alhurriyah untuk melaksanakan shalat Jum’at, sedangkan peserta perempuan diberikan wejangan (keputrian) sebelum melaksanakan shalat Dzuhur. Setelah keputrian tersebut, Guardian memobilisasi peserta perempuan menuju mushalla Al-Fath untuk melaksanakan shalat Dzuhur. Setelah para peserta selesai beribadah, para peserta dipersilahkan untuk memakan makanan yang telah disiapkan oleh panitia.

Acara selanjutnya yaitu talkshaw ketiga, tentang mahasiswa berprestasi. Di talkshaw ini dimoderatori oleh Rory Setiadi, dengan tiga mahasiswa berprestasi setiap angkatan, yaitu dari angkatan 50 ada M. Taufik, dari angkatan 49 ada Achmad Gus Fahmi, dan dari angkatan 48 ada Aldi Efendi. Mereka memberikan trik-trik sukses belajar dan memotivasi peserta agar mengikuti OSN maupun PKM.

Setelah talksahaw mahasiswa berprestasi, acara selanjutnya yaitu talkshaw ke-empat tentang organisasi mahasiswa kimia, yang dimoderatori oleh Yuliani, dengan tamu undangan dari Imasika (Mahwan Pebrian) dan dari Ikahimki (Erzal Syahutra). Mahwan menerangkan apa itu Imasika, dan Erzal sendiri menerangkan apa itu Ikahimki beserta kegiatan-kegiatan di dalamnya.

Setelah talkshaw selesai. Ada hiburan dari tim akustik kimia 50. Mereka menyanyikan 3 buah lagu, dan satu di antaranya itu adalah lagu Reaktan FU51, lagu ciptaan mereka sendiri. Para peserta tampak antusias bernyanyi bersama. Setelah hiburan selesai, acara pun  ditutup dengan do’a dan penutupan oleh MC.