PRESS RELEASE SEMINAR NASIONAL KIMIA APLIKATIF (SENSITIF) 2015

Acara SENSITIF 2015 diselenggarakan di Auditorium Toyyib Hadiwidjaja Fakultas Pertanian IPB pada Sabtu, 17 Oktober 2015. Acara ini dihadiri oleh 280 peserta yaitu peserta seminar sebanyak 205 orang, undangan baik dosen maupun perwakilan Himpunan Profesi IMASIKA sebanyak 27 orang, dan panitia sebanyak 48 orang. Acara SENSITIF merupakan acara yang diselenggarakan oleh departemen Kimia pada setiap tahunnya, dan pada tahun ini sudah menginjak pada acara SENSITIF ke-7. SENSITIF dihadiri oleh peserta yang berasal dari golongan mahasiswa dan umum (guru maupun siswa). Pada tahun ini SENSITIF mengusung tema “Advanced Materials, Sebagai Objek Mutakhir bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.

sensitif 1   Acara diawali dengan registrasi peserta dari pukul 07.30 sampai dengan 08.45 yang selanjutnya ada penampilan dari SAMAN BIDIKMISI IPB.. Proses registrasi berjalan dengan lancar karena peserta datang tepat waktu. Pada kesempatan pertama, ketua pelaksana yaitu Fadli Fakhrullah menyampaikan sambutan dan juga ucapan selamat datang serta memaparkan gambaran sedikit tentang tema yang diusung oleh SENSITIF 2015. Selanjutnya sambutan diberikan oleh Wakil Dekan FMIPA yaitu Dr. Ir. Hamim M.Si selaku perwakilan dari Ibu Dekan FMIPA yang tidak dapat hadir pada acara. Bapak Wadek menyampaikan apresiasi kepada panitia dan terutama kepada Departemen Kimia yang telah berkomitmen dalam menyelenggarakan acara seminar ini, karena sangat membantu orang-orang awam yang belum tahu betul akan material maju, sehingga dapat faham dan mengerti serta mengembangkan secara bersama-sama dalam kemajuan riset bidang Advanced Materials.

Acara SENSITIF terbagi menjadi dua sesi yaitu materi dari invited speaker dan materi dari pemakalah oral. sensitif 2Sesi pertama diisi oleh Prof. drh Deni Noviana, Ph.D yang merupakan dosen Fakultah Kedokteran Hewan IPB. Beliau menyampaikan tentang teknologi implantasi, bahwa respon terhadap implant terhadap tubuh berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan materi dalam kedokteran adalah besi, yang biasa digunakan untuk penambal tulang. Selain itu ada polimer yang digunakan untuk benang jahit pada operasi hewan. Pemateri kedua diisi oleh Muhamad Ikhlasul Amal, B.Sc, M.Sc, Ph.D yang merupakan salah satu peneliti di Pusat Peneliti Nano Teknologi Indonesia. Beliau menyampaikan tentang material konvensional dan juga modern. Biomaterial dan bioteknologi yang sedang dikembangkan serta Indonesia sebetulnya adalah negeri yang kaya akan potensi alam, yang seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Beliau juga menjelaskan tentang masyarakat nano teknologi. Berdasarkan penyampaian dari kedua materi tersebut, banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Setelah penyampaia kedua materi telah selesai peserta melanjutkannya dengan ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan).

sensitif 3Peserta memasuki ruangan kembali pada pukul 13.15 yang akan dilanjutkan dengan pemateri dari pemakalah oral. Ada empat orang pemakalah yang berasal dari Departemen Kimia angkatan 48 yaitu Agrin Febrian Pradana S.Si, Muhammad Mahfudin S.Si, Dery Ermawan M S.Si, dan Fatharani Maris. Mereka menyampaikan presentasi secara bergantian, dimana isi presentasi merupakan hasil penelitian mereka. Materi yang disampaiakan yaitu sebagai berikut. Pertama, saudara Agrin menjelaskan penelitiannya dalam pembuatan material yang berfungsi sebagai pengantar obat (drug deliverer), treatment pengolahan limbah (adsorben), dari pemanfaatan magnet. Kedua, saudari Tara menyampaikan penggunaan zeolite dalam stabilitas ekstrak protein. Ketiga, sudara Mahfudin menyampaikan sintesis TiO2 di doping N dan F yang digunakan untuk membuat adsorben polutan. Terakhir, saudara Dery menyampaikan biodegradable film berasal yang berasal dari pati jagung, kitosan dan asam laurat. Di akhir sesi, dilakukan tanya jawab antara pemateri dengan peserta seminar.

Acara SENSITIF 2015 mendapatkan beberapa media partner yaitu Agri Fm, Bogor Pisan, Koran Kampus, Green TV, dan Jenesys Indonesia. Sedangkan untuk sponsor ada yang berasal dari Paparons Pizza, Superkue, Amina Konveksi, Rumah Kurma Sahara dan Flotteraria. Banyaknya pihak-pihak yang mendukung acara ini juga telah membantu berjalannya acara SENSITIF 2015. Pada tahun ini pula ada sayembara poster INFOGRAFIK yang dimenangi oleh juara 1 yaitu Sendy Vanilla dari Poltekkes Bandung, dan juara 2 yaitu Imam Bukhori dari Universitas Negeri Jakarta. Acara diakhiri dengan penampilan dari Hafiz Ahmad Basrowi berupa solo vocal, dan acara resmi senstifi 4berakhir pada pukul 15.15 WIB. Acara SENSITIF 2015 dapat berjalan dengan baik hingga akhir acara berkat kerjasama segenap panitia dan juga pihak-pihak yang mendukung jalannya acara ini. Harapan untuk kedepannya, semoga seminar ini dapat diselenggarakan lagi dengan perbaikan untuk menuju kearah yang lebih baik.

Sekian –terima kasih-.