Chemistry Go Field : Cinta Lingkungan Sebagai Awal Berbagi Ilmu

Kementrian Eksternal Imasika menjalankan progam kerja yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa kimia yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan menyukai anak-anak. Chemistry Go Field merupakan program kerja yang menjadi bagian dari MIPA Go Field yang pada tahun ini memiliki tema “Dari Kimia Untuk Lingkungan”. CGF telah dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Maret 2014 di SDN 5 Petir dan untuk turun selanjutnya akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 April 2014 pada tempat yang sama. Tanggal 16 Maret, himpro Imasika mendapat giliran mengajarkan adik-adik kelas 4 dan 5 sebanyak 39 anak. Acara yang direncanakan panitia disesuaikan dengan tema yang dipilih seperti berikut :

  1. 1.      Membuat hiasan dari bubur kertas

Bubur kertas dibuat oleh panitia sebelum acara berlangsung karena terhambat oleh waktu yang singkat. Penjelasan mengenai pembuatan bubur kertas disampaikan oleh panitia. Pola gambar untuk hiasan tersebut juga sudah disiapkan oleh panitia sehingga adik-adik hanya menempel dan mewarnai bubur kertas. Unsur lingkungan yang didapatkan dari permainan membuat hiasan dari bubur kertas yaitu me-recycle koran bekas sehingga dapat dimanfaatkan lagi dengan nilai visual dan nilai estetika yang tinggi. Kreasi bubur kertas tersebut dipasang di didalam kelas.

1

  1. 2.      Mengumpulkan dan memilih sampah di lingkungan sekolah

Setiap kelompok terdiri dari beberapa anak dengan tugas mengumpulkan sampah yang berada di lingkungan sekolah, setelah itu hasil sampah yang didapat di letakkan di kotak sampah yang disediakan panitia. Hasil yang didapat paling banyak, dijadikan pemenang. Sampah yang dikumpulkan lalu dipisahkan menjadi sampah dengan bahan dari alam, dan sampah dari plastik.

 

5

  1. 3.      Mencuci tangan

Setelah berkotor-kotoran dan melakukan banyak hal yang berbau lingkungan, adik-adik mencuci tangan untuk menjaga kebersihan tubuh.  Dari hal terkecil seperti cuci tangan akan menjadi dampak yang baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.

Setela rangkaian acara selesai, adik-adik diberikan apresiasi yaitu bingkisan makanan.

 

Setelah itu CGF ditutup dengan bernyanyi, dan foto bersama. Harapan dari kegiatan CGF telah tercapai dengan baik terbukti dengan adik-adik yang tertawa lepas dan menikmati acara dengan senang hati, selain itu ilmu yang disampaikan panitia dapat diterima dengan baik oleh adik-adik SD 5 Petir. Berbagi ilmu kepada adik-adik di SD 5 Petir merupakan langkah awal untuk berbagi kepada sesama.

Leave a Reply