PKKMK (PEKAN KREATIVITAS DAN KEAKRABAN MAHASISWA KIMIA 52) ORBITAL

Pekan Kreativitas dan Keakraban Mahasiswa Kimia 52 (PKKMK 52) merupakan rangkaian kegiatan dengan mengangkat nama ORBITAL sebagai nama acaranya. Kegiatan ini dilaksanakan  untuk meningkatkan nilai kreativitas sekaligus mengakrabkan kekeluargaan mahasiswa kimia angkatan 52. Kegiatan yang diketuai oleh Agung Hermawan ini telah dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus, 31 Agustus, dan 1 September 2016 lalu. Rangkaian  kegiatan dilalui dengan penuh keseruaan dan antusias oleh mahasiswa Kimia 52.

Hari pertama, Rabu, 24 Agustus 2016 di RK. AGB Faperta, kegiatan PKKMK 52 ini dihadiri oleh Dr. Deden Safrudin, MSi selaku Sekretaris Departemen Kimia beserta para staff jajarannya. Di hari pertama PKKMK 52 ini diadakan lomba presentasi karya ilmiah yang bertemakan pemanfaatan belimbing wuluh. Presentasi karya ilmiah ini dinilai oleh tiga orang juri yang merupakan dosen Departemen Kimia, yaitu Pak Budi Arifin, SSi, MSi, Pak Dr. rer. nat. Noviyan Darmawan, MSc, dan Ibu Dr. Sri Mulijani MSi. Selamat kepada kelompok Schrodinger yang menjadi juara 1 pada presentasi karya ilmiah ini dengan karya menghasilkan ice cream dari belimbing wuluh, Wow!!

Hari kedua, 31 Agustus 2016 kegiatan dilakukan di RK. P21 FPIK yang diawali dengan talkshow oleh pembicara Kak Febby dan Kak Silvia Monica sebegai alumni Departemen Kimia, serta dimoderatori oleh Kak Ghozy Al Marsus yang nggak kalah kece. Kemudian juga diadakan kegiatan tourlab bagi mahasiswa Kimia 52 untuk mengenal bagian-bagian laboratorium yang ada di Departemen Kimia. Peserta sangat antusis dalam menyimak penjelasan dari kakak-kakak mngenai seputar laboratorium di Departemen Kimia. Keseruan masih berlanjut dengan kegiatan games kreativitas berkelompok yang dilakukan dengan membuat maket, miniature dari tempat-tempat yang ada di Departemen Kimia.

Hari ketiga, Kamis, 1 September 2016 kegiatan PKKMK yang telah dilakukan yaitu outbond dan penghijauan departemen kimia. Pada pukul 06.00 WIB kegiatan di awali dengan berkumpulnya peserta di lapangan basket GOR lama IPB dan melaksanakan sarapan bersama. Mobilisasi peserta dilakukan pada pukul 07.00 WIB menuju lapangan Sylva Sari IPB yang dilakukan oleh panitia lapang. Kegiatan berlangsung lancar dan semangat terlihat dari para peserta yang mengikuti kegiatan. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Kimia IPB sebanyak 87 orang.

Pada pukul 09.00 peserta di mobilisasi menuju departemen kimia. Kegiatan di departemen kimia yaitu penghijauan departemen. Kegiatan di awali dengan melakukan pembersihan beberapa spot  di sudut – sudut departemen Kimia. Peserta dan panitia di bagi untuk membersihkan dan menghijaukan lima spot di departemen Kimia. Setelah itu, peserta menanam bibit yang telah dikumpulkan dan diletakkan di lima spot yang telah dibersihkan. Kegiatan berjalan lancar dan sesuai  dengan harapan. Kegiatan penghijauan departemen selesai pada pukul 12.10 WIB.

Kegiatan selanjutnya pada hari ke tiga PKKMK ini yaitu Closing ceremonial of Orbital. Acara dilaksanakan di Auditorium FMIPA IPB. Dalam acara ini peserta dan panitia mengenakan dresscode  eksekutif muda. Acara dibuka pada pukul 20.00 WIB oleh Master of Ceremony yaitu Anbar Thohari dan Fathia Rahman mahasiswa Kimia angkatan 51. Acara diisi dengan penampilan persembahan dari angkatan 52 dan panitia. Mahasiswa angkatan 52 mempersembahkan 3 penampilan angkatan yaitu, stand up comedy, musikalisasi puisi dan akustik. Panitia kegiatan PKKMK  memberikan persembahan sebuah lagu “Simfoni Indah” dan pembacaan puisi yang diikuti oleh seluruh panitia dengan suasana yang haru. Penampilan panitia merupakan ucapan selamat datang bagi mahasiswa kimia angkatan 52 di departemen Kimia. Peresmian mahasiswa kimia angkatan 52 secara simbolik dilakukan oleh Tezar Haykell mahasiswa kimia 51 yaitu dengan memakaikan baju lapang departemen kimia pada Lucky mahasiswa kimia 52 selaku komti. Acara di tutup dengan do’a dan dilanjutkan foto bersama. Penutupan acara dilakukan pada pukul 22.00 WIB.

Leave a Reply