ENGLISH CLUB

English Club Imasika merupakan wadah bagi mahasiswa departemen Kimia yang memiliki minat untuk mengembangkan potensi dan kompetensi berbahasa Inggris secara aktif. English Club juga merupakan salah satu upaya departemen untuk bisa meningkatkan kualitas lulusan dalam menghadapi dunia kerja dengan persaingan internasional terbuka where English is highly required. Demi mencapai tujuan tersbut, ECI di bawah naungan departemen Keilmuan dan Pengembangan Keprofesian IMASIKA berusaha menggerakkan minat mahasiswa untuk terus menggali potensi yang ada pada diri dengan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan berbasis fun learning. ECI memfokuskan kegiatan pada speaking, listening, writing, reading comprehensive serta TOEFL Preparation.

ec1First meeting telah dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Maret 2016 bertempat di RK Kimia. Kegiatan dimulai pukul 16.00 hingga 19.00 WIB. Pada pertemuan tersebut, ECI telah memberikan introduction mengenai sistem TOEFL yang berlaku di dalam departemen Kimia. TOEFL-Like Test akan dilakukan pada masing-masing angkatan reguler sebanyak dua kali. Yang pertama, pada semester tiga sebagai baseline measurement dan yang kedua, pada semester tujuh sebagai syarat sidang. Pengukuran baseline kompetensi mahasiswa di awal masa perkuliahan departemen akan menjadi standar bagi departemen untuk dapat menentukan kebijakan skor TOEFL minimum sebagai syarat sidang. Syarat sidang itu sendiri ditetapkan lebih tinggi dari baseline yang diperoleh, dengan harapan selama menjadi mahasiswa departemen Kimia, kita dapat mengembangkan kompetensi berbahasa Inggris. Setelah sedikit berkenalan dengan target departemen yang cukup challenging, speaking class dimulai.

Perkenalkan, speaker kami Renaldi Harianja (Kimia 50). Renaldi adalah pemegang skor tertinggi TOEFL pada baseline measurement tahun 2014 kemarin loh! Dia berbagi pengalamannya seputar speaking dan belajar berbahasa Inggris. Ternyata, Renaldi yang jago banget bahasa Inggris itu tidak pernah terlibat langsung dengan les formal pengembangan bahasa Inggris. Hobinya adalah menonton American sitcom “How I Meet Your Mother” tanpa subtitles. Hah? Kok bisa? Tenang dulu. Drama yang berdurasi sekitar 30 menit dan berlangsung 9 seasons ini sudah berkali-kali ditonton oleh Renaldi. “Pertama-tama memang sulit menangkap makna dari kalimat berbahasa Inggris. Dengan bantuan audio-visual dan rutin, lama-lama ya English becomes a habit. Baik di telinga maupun di mulut” ujarnya. So, learning English is as simple as that.. Learning is loving.

ec2Setelah mendapatkan sedikit pengalaman dari Renaldi, general discussion dimulai. Pada general discussion ini, setiap peserta dipersilahkan untuk menceritakan apapun yang ingin mereka sampaikan mengenai ‘how would I live my life years after’. “I have a dream to study abroad. So, I want to improve my English skill. And joining English Club would be a good decision to take. I hope that I can learn a lot from this English Club”, said Sazli (AJK 52). Well, we hope that your dreams come true. Hold it tight and make it real!

Second meeting juga sudah dilaksanakan pada hari Kamis, 28 April 2016 masih bertempat di RK Kimia. Kegiatan diisi dengan TOEFL Preparation: Structure Comprehensive. Pada meeting tersebut, dibahas soal-soal structure yang biasanya di-males-in karena ngejelimet. Tapi, dibahas juga jawaban dan trik-trik menghadapi soal-soal tersebut bersama dengan Nurul Hafshah, Bimo Ekoyono, dan Renaldi (Kimia 50). Pada pertemuan tersebut, ada juga adik-adik emesh nan unyu angkatan 52 yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk TOEFL Like-Test baseline measurement-nya pada bulan September/Oktober nanti. Apa sih bedanya another, other, others, dan the other one? Gimana sih aplikasi di kalimatnya? Beda 12 tenses yang bikin pusing itu apa sih? Harus banget ya ada past, present, future, continuous, perfect, blablabla? Apa sih bedanya kill dan murder? See, look, dan stare? Eits, mau tahu jawabannya? Yuk join English Club! ^^ Every Thu, 5PM at RK Kimia. #englishisfun!

 

Leave a Reply