Sabtu, 24 September 2016 telah dilaksanakan Dialog Umum Mahasiswa Awal Semester (DUMAS). Acara dimulai pukul 08.47 WIB, bertempat di RK B1 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan jumlah peserta sebanyak 115 orang mahasiswa aktif kimia IPB dan 14 orang wisudawan kimia 49. Acara dipandu oleh Master of Ceremony Tamia Elinda dan Silvi Agusri Putri. Kegiatan ini bertemakan “Membangun Kimia dengan Prestasi”.

DUMAS bertujuan untuk melangsungkan dialog antara mahasiswa dan dosen terkait departemen kimia, baik masalah fasilitas, akademik, pelayanan, dan berbagai hal yang bersangkutan dengan kepentingan civitas akademika departemen kimia. Acara inti berlangsung pukul 09.05-10.15 WIB dimoderatori oleh Muhammad Safikri Kimia 52 dengan menghadirkan beberapa orang pembicara yaitu Dr. Deden Safrudin, M.Si selaku Sekertaris Departemen Kimia, Zulhan Arif, S.Si M.Si selaku Komisi Kemahasiswaan Departemen Kimia, dan Dr. Wulan Tri Wahyuni, S.Si M.Si selaku Komisi Pendidikan Departemen Kimia.

Tingginya antusias peserta menunjukkan bahwa acara berlangsung dengan lancar dan menarik. Dialog ini menghasilkan beberapa masukan yang sangat penting bagi departemen kimia yaitu mengenai fasilitas untuk kepentingan civitas akademik departemen kimia, bahasan tentang peralatan laboratorium, bahasan tentang mata kuliah dan masukan untuk susunan jadwal mata kuliah, serta rencana departemen kimia untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia). Acara ini ditutup dengan hiburan oleh Music G4 akustik kimia dan dilanjutkan dengan acara Pelepasan Wisuda Tahap I. Berlangsungnya acara ini diharapkan bahwa aspirasi mahasiswa departemen kimia dapat tersalurkan dan terealisasi.