bgwcmgcyjwzPada hari Sabtu, 4 Juni 2016 telah dilaksanakan kegiatan Chemistry Club(C-Club) 2016 di audiotirum FMIPA IPB. C-Club merupakan salah satu program kerja dari departemen keilmuan dan pengembangan keprofesian ikatan mahasiswa kimia (IMASIKA). Acara C-Club tahun ini bertema “pijaki dunia dengan goresan pena ilmiah”. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengenalkan dan meningkatkan minat mahasiswa kimia dalam penulisan karya ilmiah, khususnya pkm. Acara ini dihadiri oleh 87 orang kimia 52, 26 orang kimia 51, dan 8 orang kimia 50.

Acara dimulai dengan registrasi peserta dari pukul 13.00 sampai 13.30 WIB. Acara dibuka oleh MC yaitu Nurul Hafsah dan Aziz Rizky Hartanto. Acara  diawali dengan tilawah qur’an oleh saudara Jihan M Salik dan selanjutnya menyanyikan lagu indonesia raya dan hymne IPB. Kemudian ada sambutan dari ketua pelaksana yaitu Ranti Lisnawati dan sambutan perwakilan departemen kimia yaitu Fadli Fakhrullah. Acara selanjutnya yaitu pemberian materi mengenai pengenalan pkm yang diisi oleh Dr. Soni Trison, S.Hut, M.Si yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara C-Club diakhiri sementara untuk kegiatan sholat ashar dari pukul 15.00 sampai 15.30 WIB. Peserta dimobilisasi ke mesjid Al-Hurriyah untuk melaksanakan sholat ashar.

Setelah sholat ashar acara dilanjutkan dengan talkshowmengenai pengalaman pkm yang diisi oleh Ardiansyah, Ahmad Gus Fahmi, Hendi Okta Kurniawan, dan Suli Hendra. Peserta kemudian diberi kesempatan untuk bertanya kepada pemateri. Acara dilanjutkan dengan hiburan oleh tim akustik kimia. Acara terakhir yaitu workshop penulisan pkm oleh Rico Juni Artanto. Peserta diminta untuk menuliskan ide mengenai pkm yang selanjutnya dikumpulkan oleh panitia untuk kelanjutan penulisan pkm. Dalam workshop tersebut, ide-ide dari peserta mengenai pkm dibahas dan diskusikan bersama.

Acara C-Club berlangsung dengan baik sampai akhir berkat kerjasama panitia dan pihak-pihak yang mendukung acara ini. Namun sayangnya acara ini tidak dihadiri oleh perwakilan dosen dari departemen kimia.  Waktu yang tersedia dalam acara pun dirasa kurang cukup. Harapannya dengan adanya acara ini, minat mahasiwa kimia terhadap penulisan karya ilmiah khususnya pkm dapat meningkat.