Chemistry Challenge, Ajang Kompetisi Kimia Bergengsi bagi Siswa SMA di Seluruh Penjuru Negeri

Bogor, Minggu, 15 November 2015 menjadi momen bersejarah bagi siswa SMAK PENABUR GADING SERPONG yang telah berhasil menorehkan prestasi dalam Chemistry Challenge 2015. Acara ini merupakan  ajang kompetisi siswa-siswi SMA/sederajat di bidang Kimia, tingkat Nasional. Tahun ini, terdapat 184 tim yang mendaftar menjadi peserta Chemistry Challenge. Setelah dilaksanakan babak penyisihan pada hari Sabtu, 14 November 2015 di Gedung Grha Widya Wisuda, terpilihlah 10 tim terbaik yang akan melaju ke babak semifinal. Tim terpilih tersebut adalah MA Insan Cendekia Serpong, SMA Bina Nusantara Serpong, SMA Kharisma Bangsa, SMA PU Al-Bayan, SMA Semesta BBS, SMAK 1 PENABUR Jakarta, SMAK Bogor, SMAK PENABUR Gading Serpong tim 1, SMAK PENABUR Gading Serpong tim 2 dan SMAN 8 Jakarta. Namun, karena suatu hal tim dari SMA Bina Nusantara Serpong tidak dapat mengikuti babak semifinal, praktis hanya sembilan tim yang melaju ke babak semifinal.

Babak semifinal dan final dilaksanakan di Ruang Kuliah B2 Fakultas Kedokteran Hewan dengan dihadiri oleh Bapak Dr. Deden Saprudin, MSi selaku Sekretaris Departemen,  Bapak Zulhan Arif, SSi MSi selaku  Komisi Kemahasiswaan serta sebagai dewan juri yaitu Bapak Budi Arifin SSi MSi, Bapak  Andriawan Subekti, SSi MSi dan Bapak Budi Riza Putra, SSi MSi. Terdapat dua jenis soal dalam babak semifinal, pertama peserta ditantang menjawab soal studi kasus, sedangkan kedua peserta diuji kecepat-tanggapannya dalam menjawab soal cepat tepat. Babak ini dibagi ke dalam dua sesi, pada sesi pertama terdapat 5 tim yang bermain dan sesi kedua terdapat 4 tim yang bermain. Dua tim dengan nilai tertinggi dari setiap sesi berhak melaju ke babak final. Keempat tim yang berhasil melaju ke babak final tersebut adalah MAN Insan Cendekia Serpong, SMA Kharisma Bangsa, SMA PU Al-Bayan, dan , SMAK PENABUR Gading Serpong tim 2.

Babak final berbentuk praktikum, yang terbagi ke dalam dua subpercobaan. Setiap tim diwajibkan melakukan praktikum, serta membuat laporannya. Waktu yang disediakan adalah enam puluh menit. Setelah itu, para finalis akan diminta mempresentasikan hasil percobaannya di hadapan dewan juri, dan diakhir presentasi para juri mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh tim yang bersangkutan. Setelah melalui babak final, dipilih 3 tim terbaik yang akan menyandang gelar juara. Tim penyandang gelar juara 1 adalah SMAK PENABUR Gading Serpong tim 2, juara 2 yaitu SMA Kharisma Bangsa dan juara 3 adalah SMA Pesantren Unggulan Al-Bayan.

 

Leave a Reply