Kementerian Lingkungan Hidup – Earth Hour

Pada bulan Januari, telah terpilih sebelas anggota KLH melalui proses seleksi yang diadakan BEM KM. Sejak saat itu, KLH merumuskan visi dan misi serta arahan kerja selama masa jabatannya. Visi besar yang dicanangkan oleh KLH BEM KM IPB 2013 adalah ‘Strategis Lingkungan Menuju IPB Emas’.

Sejalan dengan visinya, KLH BEM KM IPB 2013 menyusun rancangan kerja yang meliputi bidang strategis, kaderisasi, dan event. Bidang strategis ditujukan untuk menghimpun dan menjembatani advokasi mahasiswa terkait sarana dan sistem lingkungan, yang direalisasikan melalui kegiatan Forum Lingkungan. Bidang kaderisasi terdiri dari Pejuang Lingkungan, yaitu kegiatan yang menghimpun dan mendidik mahasiswa yang mempunyai passion dalam menyelesaikan persoalan lingkungan di IPB. Sedangkan bidang event terdiri dari rangkaian kegiatan Green Festival  yang menjadi puncak acara bertemakan lingkungan se-IPB. Beberapa kegiatan asosiatif yang juga akan dilaksanakan adalah peringatan Hari Adiwiyata (hari besar nasional dan internasional bertemakan lingkungan) serta Gerakan Babakan Bersih.

Kegiatan pertama yang dilakukan oleh KLH adalah kampanye Earth Hour di kawasan Sempur, pada tanggal 27 Januari 2013. Kegiatan ini diinisiasi oleh Komunitas Earth Hour Bogor dan diikuti oleh komunitas lainnya yang bergerak di bidang konservasi dan lingkungan. Selanjutnya, kampanye Earth Hour juga dilakukan di dalam kampus IPB. Secara mandiri, KLH turut merancang kegiatan Earth Hourpada tanggal 23 Maret 2013 di dalam kampus IPB. Hal ini bertujuan agar seluruh mahasiswa IPB dapat lebih mudah untuk berpartisipasi dalam gerakan hemat energi dan ramah lingkungan. Maka, kampanyeEarth Hour juga gencar dilakukan KLH di dalam kampus dengan sasaran seluruh mahasiswa IPB. Kegiatan ini juga tidak terlepas dari bantuan Earth Hour Bogor.

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar kampus, KLH akan memperingati Hari Air Internasional dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih sanitasi di Jalan Babakan Raya. Kegiatan ini akan melibatkan pihak lainnya seperti Himasper, DKM Al Hurriyah, dan instansi Desa Babakan.

Demi mewujudkan peran dalam menangani permasalahan lingkungan kampus, KLH  berupaya menghimpun lembaga kemahasiswaan (LK) dan komunitas berbasis lingkungan se-IPB dalam Forum Lingkungan. Sebagai langkah awal menuju Forum Lingkungan, telah dilakukan dua kali rapat koordinasi yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret dan 18 Maret 2013. Selanjutnya, rapat koordinasi akan lebih difokuskan untuk membahas tiga masalah lingkungan yang utama dihadapi IPB, yakni pengelolaan sampah, kesehatan, dan sumber daya alam. Kedepannya, berbagai kegiatan masing-masing LK dan komunitas yang tergabung dalam Forum Lingkungan akan dijadikan sebagai rangkaian acara dalam mewujudkan IPB sebagai Green Campus. Kegitan ini juga akan menginisiasi Green Ethic, atau etika ramah lingkungan dalam kehidupan berorganisasi.

Tidak hanya kegiatan yang bersifat insidental, KLH juga secara rutin melaksanakan rapat kementerian yang diadakan setiap hari Senin jam 17.00, dan rapat koordinasi dengan DPM KM IPB (setiap hari Senin pertama diawal bulan).

KLH juga turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan lintas kementerian dan biro di BEM KM, serta lembaga kemahasiswaan, komunitas, dan instansi di luar BEM KM. Beberapa kegiatan di luar BEM KM yang pernah diikuti yaitu Diskusi Pakar Kebencanaan di Jabodetabek (IPB, 12 Februari 2013), Peluncuran buku ‘Demi Bumi, Demi Kita’ (Jakarta, 16 januari 2013), Diskusi Rabuan KAMMI dengan tema: ‘Aku ingin sehat, begitupun lingkunganku’ (IPB, 6 Maret 2013), Seminar dan Lokakarya DAS Cisadane oleh De Tara Foundation (Bogor, 10 Maret 2013) , dan berpartisipasi dalam verifikasi

KLH_earth-hour

Leave a Reply