Chemistry Go Field : Cinta Lingkungan Sebagai Awal Berbagi Ilmu

Departemen Eksternal Imasika, Minggu 8 Maret 2015 mengadakan acara Chemistry Go Field. Kegiatan tersebut merupakan program kerja yang menjadi bagian dari MIPA Go Field. Chemistry Go Field atau yang sering disebut  CGF  pada tahun ini mengangkat tema Menjaga Alam dengan Daur Ulang. Acara yang diadakan di SDN 5 Petir, Desa Petir, Dramaga ini bertujuan untuk mengajarkan dan memberikan pemahaman kepada para siswa tentang materi pembelajaran dan pengolahan sampah yang baik dan benar. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai berikut

  1. Belajar bersama

Pada CGF sesi pertama ini, imasika mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu dengan adik-adik kelas 4,5, dan 6 SDN 5 Petir. Untuk siswa kelas 1,2 dan 3 diisi oleh Himpro Gumatika. Terlihat wajah kegembiraan dan antusiasme dari adik-adik ketika para mahasiswa dari Imasika datang ke lingkungan sekolah mereka yang tergolong jauh dari fasilitas yang layak. Materi yang diajarkan adalah Matematika. Berbagai kejadian mewarnai kunjungan kami pada pagi itu. Tiap kelas diisi oleh lima orang mahasiswa yang dengan sabar memberikan pemahaman tentang materi pembelajaran.

belajar bareng

2. Mendaur Ulang Sampah

Setelah belajar bersama adik-adik diajak untuk membentuk beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas beberapa anak yang ditugaskan untuk membuat tempat pensil dari botol yang sudah tidak terpakai (bekas) yang dipotong dan dihias dengan daun petai cina yang telah dikeringkan. Hal ini dilakukan untuk menanamkan pentingnya mendaur ulang barang yang masih dapat dipakai agar menjadi sesuatu yang lebih bernilai seperti kerajinan tangan.

Picture1

Rangkaian acara CGF ditutup dengan pembagian snack dan foto bersama. Harapan dari kegiatan ini telah tercapai dengan sangat baik terlihat dari ekspresi adik-adik yang terlihat sangat gembira dan mengikuti rangkaian acara dengan sangat baik, selain itu ilmu yang disampaikan oleh mahasiswa sukarela dari Imasika dapat diterima dengan baik oleh adik-adik SDN 5 Petir. Berbagi ilmu dan menanamkan pentingnya mendaur ulang merupakan langkah kecil untuk mencapai Indonesia yang sejahtera.

Picture2

Leave a Reply