CHEMISTRY CHALLENGE 2014

Chemistry Challenge merupakan ajang bergengsi bagi siswa/siswi SMA (atau sederajat) karena melibatkan semua sekolah yang ada di Indonesia. Chemistry Challenge adalah salah satu kategori lomba untuk bidang kimia yang merupakan bagian dari acara Pesta Sains Nasional yang diadakan oleh FMIPA IPB. Acara ini bertema “Budaya Intelektual Dalam Harmonisasi Menuju Scientist Sejati”.Kegiatan Chemistry Challenge ini diikuti oleh 89 sekolah SMA sederajat dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 489 orang. Jumlah kelompok total sebesar 163 kelompok dengan satu kelompok terdiri dari tiga orang.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Dr. Tetty Kemala M.Si. dan Bapak Zulhan Arif, S.Si. M.Si. selaku  Komisi Kemahasiswaan serta Bapak Budi Arifin S.Si. M.Si., Bapak Andriawan Subekti S.Si. dan Ibu Dr. Irmanida Batubara S.Si. M.Si. sebagai dewan juri. Chemistry Challenge dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 7 dan 8 November 2014. Hari pertama merupakan babak penyisihan yang dilaksanakan di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW), kampus IPB Dramaga, Bogor. Hari kedua merupakan babak semifinal dan final yang dilaksanakan di GMSK (Gizi Masyarakat Sumberdaya Keluarga),   kampus IPB Dramaga, Bogor.

Pada babak penyisihan didapatkan 10 kelompok dengan hasil terbaik yang berhak maju ke babak semifinal. Kelompok tersebut yaitu masing-masing satu kelompok dari SMA Pribadi BBS Bandung, SMA Kharisma Bangsa, SMA 1 Singaraja, SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, SMAK Penabur Gading Serpong, SMANU M.H. Thamrin dan masing-masing dua kelompok dari MAN Insan Cendekia Serpong dan SMK-SMAK Bogor. Kelompok yang masuk di babak semifinal, kemudian dikompetisikan kembali dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berjenis studi kasus dan cepat tepat. Pada babak semifinal didapatkan 4 kelompok terbaik yang berhak maju ke babak final yaitu SMAK Bogor, SMAK Penabur Gading Serpong, SMAK Penabur Jakarta dan SMA Kharisma Bangsa.

Kelompok tersebut kemudian dikompetisikan kembali pada babak final yang terdiri dari sesi praktikum dan presentasi. Tiap kelompok melaksanakan praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium KimiaTeaching Lab kemudian membuat laporan untuk dipresentasikan didepan dewan juri. Pada  babak final tersebut didapatkan tiga kelompok terbaik sebagai pemenang lomba Chemistry Challenge 2014.

Juara pertama diraih oleh SMAK Penabur Gading Serpong, juara kedua diraih oleh SMA Kharisma Bangsa dan juara ketiga diraih oleh SMK-SMAK Bogor. “Seru lombanya, openingnya sama pengumumannya juga” ujar Rafly Audifa Rachman peserta dari MAN Insan Cendekia Serpong seusai acara, “bikin deg-degan setengah mati tapi seru” tambah Handy Thong dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Selamat kepada para pemenang, semoga acara ini dapat bermanfaat dan dapat memotivasi para peserta untuk terus berusaha menjadi yang lebih baik.

Leave a Reply